BBPP Binuang Cetak Manajer Profesional UPJA pada Program Food Estate

BBPP Binuang Cetak Manajer Profesional UPJA pada Program Food Estate

KUALA KAPUAS, MK - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang melaksanakan Pelatihan Tematik Manjemen UPJA bagi pengelola UPJA di BPP Bataguh  Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Pelatihan yang diikuti 30 peserta dari Kecamatan Bataguh ini dilaksanakan selama tiga hari, dari 6 hingga 8 Oktober 2020. 

Mewakili Kepala BBPP Binuang, Widyaiswara Ahli Madya, Budiono SP MM saat memberikan sambutan pembukaan, Selasa (6/10/2020) menyampaikan peran UPJA dalam menyukseskan program Food Estate.

Budiono menekankan agar pelatihan tematik Manajemen UPJA pada Food Estate diharapkan mampu mempersiapkan para manajer atau pengurus UPJA mengelola secara profesional.

"Tak ada jalan lain untuk mencapai derajat kompetitif yang tinggi diperlukan kompetensi para pengelola UPJA," terangnya. 

Menurutnya, untuk meningkatkan mekanisasi pertanian dengan penggunaan alat dan mesin dari proses pengolahan lahan hingga pasca panen diharapkan menjadi gerbang emas percepatan menuju pertanian yang modern. 

Karenanya untuk mengelola alat dan mesin pertanian secara profesional diperlukan kelembagaan dengan sumber daya manusia. Pengelolaannya juga harus profesional baik tim manajerial maupun tim operatornya.
  
Di hari kedua, dilanjutkan dengan materi Analisa Bisnis UPJA, kunjungan ke Kelompok UPJA dan Gakpotan Makmur Jaya.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kapuas yang diwakili KJF Kabupaten Kapuas Dadir SPt menyampaikan materi kebijakan pengembangan Alsintan di Kabupaten Kapuas. Ia menekankan pentingnya pelatihan tematik Manajemen UPJA.

"Diharapkan peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius, karena merupakan ujung tombak dilapangan dalam mendukung Food Estate," pinta Dadir.

Untuk pembelajaran manajemen UPJA, materi intinya meliputi penumbuhan dan pengembangan kelembagaan UPJA; Perencanaan dan Analisa Bisnis UPJA, Penyusunan administrasi Pembukuan UPJA dalam rangka  meningkatkan pengetahun, keterampilan dan sikapnya.

Jatam, Ketua Kelas Manajemen UPJA, III mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Ia juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas materi yang disampaikan fasilitator dan berharap kegiatan ini berlanjut dengan materi yang lain.

“Saya sangat minat dengan kegiatan pelatihan yang digelar BBPP Binuang, karena di wilayah ini jarang sekali ada kesempatan untuk mengikuti pelatihan. Saya harap kepada Kementan agar terus mendampingi kami petani di Kabupaten Kapuas,” jelas Jatam.

Kamis memasuki hari ketiga Pelatihan Tematik Manajemen UPJA, materi dilanjutkan dengan pembukuan administrasi UPJA  yang dibimbing Karyadi SP dan widyaiswara dari BBPP Binuang.

Materi selanjutnya pada pukul 10.00 WIB berupa praktik/ kunjungan lapang di Kelompok  UPJA. Materi ini disampaikan Jatam selaku Ketua UPJA Barokah Desa Terusan Karya dan Gakpotan Makmur Jaya, dengan bahasan simulasi rembuk Kelompok UPJA, agenda pembentukan kelompok UPJA, tata cara, prasyarat dan kriteria kelayakan pembentukan UPJA.

Sebelum penutupan, disampaikan materi Implementasi Tindak Lanjut dan dilaksanakan evaluasi pelatihan (post test dan isian form evaluasi penyelenggaraan pelatihan tematik Manajemen UPJA.[advertorial]

Penulis : Budiono
Lebih baru Lebih lama