Lewat Radio, KPU Kapuas Sosialisasi Tahapan Program dan Jadwal Pilgub

Lewat Radio, KPU Kapuas Sosialisasi Tahapan Program dan Jadwal Pilgub

KUALA KAPUAS, MK - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar sosialisasi tahapan, program dan jadwal pelaksanaan pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah tahun 2020.

Sosialisasi kali ini dilakukan secara on air melalui gelombang Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Kapuas, Kamis (30/7/2020).

Ketua KPU Kapuas, Jamilah Maisura menuturkan, sosialiasi melalui siaran radio ini dilakukan dua kali dalam seminggu, Selasa dan Kamis pada pukul 08.00 hingga 09.00 WIB bersama lima Komisioner KPU Kapuas, secara bergantian menyampaikan materi.

"Sosialisasi kali ini, kami menyampaikan materi tentang pemutakhiran data pemilih serta 
tahapan dan jadwal," kata Jamilah, usai kegiatan.

Pemutakhiran data pemilih, sambungnya, merupakan salah satu yang terpenting, terkait pelaksanaan demokrasi yang berkualitas.

Komisioner, KPU Kapuas divisi SDM dan Parmas, Muntiara menambahkan, saat ini masih berlangsung tahapan pencocokan penelitian atau Coklit yang dilakukan Petugas Pemutakhiran data Pemilih (PPDP). Ini berlangsung sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 mendatang.

"Jumlah PPDP yang melaksanakan Coklit sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), yaitu 1.001 atau satu PPDP untuk satu TPS," sebutnya.

Masyarakat yang belum dicoklit, kata dia, akan menerima kunjungan PPDP dengan tanda pengenal beserta atributnya serta dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) sesuai protokol kesehatan.

"Untuk itu, bagi masyarakat yang belum dilakukan Coklit agar menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga untuk pencoklitan oleh petugas PPDP," kata dia. 

KPU, kata Muntiara, mengajak masyarakat untuk turut serta mensukseskan gerakan Coklit di Kabupaten Kapuas. Salah satunya dengan cara memastikan terdaftar sebagai pemilih kepada petugas Coklit yang datang ke rumah warga.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama