Imbas Covid-19, Program Kartu Prakerja Dirasa Cukup Membantu

Imbas Covid-19, Program Kartu Prakerja Dirasa Cukup Membantu

PARINGIN, MK - Di tengah pandemi Covid-19, program Kartu Prakerja yang digulirkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI, dirasa bermanfaat bagi sebagian masyarakat Balangan, Sabtu (4/7/2020).

Salah satunya Lika Winarsih, warga Kecamtan Awayan, Kabupaten Balangan. Iaa mengaku cukup terbantu dengan program Kartu Prakerja.

Menurutnya, ini merupakan solusi untuk masyarakat Balangan yang ingin memiliki serta meningkatkan keterampilan dan kemampuan, dengan diberikannya biaya pelatihan oleh pemerintah.

"Alhamdulilla, ada program ini jadi bisa mengambil pelatihan sesuai minat saya, meski pelatihannya tidak bisa secara offline. Namun melalui online, tapi ini tidak membatasi saya mau belajar," beber Lika.

Selain mendapatkan pelatihan secara daring atau online, juga dapat sertifikat dan juga mendapatkan insentif selama empat bulan.

"Program ini bisa membantu meringankan beban warga juga saat pandemi Covid-19, baik itu yang di-PHK ataupun yang kesusahan dalam mencari keahlian untuk buka usaha," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Himpunan Pimpinan Pendidik Pelatihan dan Kewirausahaan Indonesia (HP3KI) Kalimantan Selatan, Slametno mengatakan, memang pelatihan program Kartu Prakerja melalui daring atau online.

Namun Ia meminta pelaksanaan pelatihan melalui daring atau online ini harus benar-benar dimanfaatkan para peserta sebaik-baiknya.

"Bagi peserta yang lulus prakerja belum mengikuti pelatihan, sekarang sudah bisa mengikuti pelatihan prakerja online dengan mengujungi website www.ysbp.or.id, dengan memilih pelatihan prakerja online lalu pilih via platform skill academy," kata Slametno.[agus]

Lebih baru Lebih lama