Regenerasi Petani, Kementan Kukuhkan Husni Sebagai Duta Petani Milenial Asal Kalsel

Regenerasi Petani, Kementan Kukuhkan Husni Sebagai Duta Petani Milenial Asal Kalsel

JAKARTA, MK - Gelar kehormatan sebagai Duta Petani Milenial disematkan Kementeriaan Pertanian kepada Husni Thamrin, Ketua P4S Ushuludin Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.
Pria yang sekaligus Ketua Forum Komunikasi (FK) Wilayah Kalimantan Selatan ini dikukuhkan Kementan sebagai Duta Petani Milenial melalui video conference. Bersamaan momen ini Ia juga didaulat sebagai Duta Petani Andalan, Senin (13/4/2020).
Tak kurang dari 59 orang Duta Petani Milenial dan 8 Duta Petani Andalan seluruh Indonesia mendapat kehormatan untuk dilantik. Pelantikan dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasir Limpo (SYL).
"Dalam menghadapi masa pandemi Covid-19, dua hal yang harus dilakukan," jelas SYL.
Pertama, lanjut SYL, yaitu dengan melakukan usaha tani yang efektif, pertanian yang efisien dan pertanian yang transparan. Kemudian pertanian modern, pertanian yang memanfaatkan teknologi.
"Jajaran Kementrian Pertanian sudah membangun pemberdayaan teknologi di pedesaan dengan program Kostratani," terang SYL. 
SYL mengaku sangat senang karena semua duta petani yang dilantik sudah mampu menggunakan teknologi video conference.
"Saat ini kita semua akan tertinggal kalau tidak bisa menguasai teknologi," imbuh SYL.
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Prof Dr Dedi Nursamsi juga terus memberi semangat kepada petani. Ia mengatakan, dalam perang melawan Covid-19, tentunya kegiatan pertanian tidak boleh berhenti.
Dedi menambahkan, sektor pertanian harus mampu menyediakan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia. Ini penting, mengingat masalah pangan sangat utama, bahkan dalam kondisi apapun.
"Insan pertanian berjuang menyediakan pangan menjadi pejuang Covid-19. Ini saatnya kita menjadi pahlawan untuk menyelamatkan bangsa, tentunya dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 saat beraktivitas di tengah lapangan," pinta Dedi.
Sementara itu, Husni Thamrin terpilih menjadi Duta Petani Milenial atas usahanya membangun peternakan sapi.
"Saat ini sapi yang saya pelihara sebanyak 220 ekor dengan omset setiap bulan Rp90 juta," ujar Husni. 
Semua ini, lanjut Husni, didapatkan tidak lepas dari dukungan kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si yang selalu memberi semangat dan arahan untuk membangun pertanian.
"Ucapan terima kasih kepada BBPP Binuang dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tanah Laut selaku pembina, sehingga saya bisa terpilih jadi Duta Petani Milenial," pungkas Husni.[advertorial]
Lebih baru Lebih lama