Maknai HKN, Sukamta Resmikan Sekretariat PSC

Maknai HKN, Sukamta Resmikan Sekretariat PSC

PELAIHARI, MK – Upaya penanggulangan masalah kegawatdaruratan tampak menjadi perhatian pemerintah kabupaten tanah laut. Indikasi ini terlihat dengan diresmikannya Sekretariat Public Safety Center (PSC).
Sekretariat PSC atau pelayanan kegawatdaruratan sekaligus tenaga kesehatan on call diresmikan langsung Bupati Tanah Laut, H Sukamta di halaman Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Laut, Selasa (12/11/2019).
Peresmian Sekretariat PSC plus tenaga kesehatan on call ini sekaligus menandai peringatan (HKN) ke-55.
PSC 119 sendiri merupakan upaya pelayanan pemerintah melalui Dinas Kesehatan untuk menanggulangi masalah kegawatdaruratan.
Upaya yang dilakukan tak hanya menyangkut masalah kecelakaan, tetapi juga meliputi situasi kritis lainnya, di antaranya seperti ibu mau melahirkan atau penyakit jantung.
Karena itu, program ini dilengkapi layanan kesehatan door to door, di mana tenaga kesehatan akan segera datang ke rumah warga yang menghubungi lewat telpon 119.
Untuk tahap pertama, PSC diluncurkan di tiga kecamatan di Bumi Tuntung Pandang, yakni Kecamatan Panyipatan, Kecamatan Kintap dan Kecamatan Takisung.
Menteri Kesehatan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Sukamta mengatakan, pemerintah dalam 5 tahun mendatang memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).
Arahan Presiden RI juga menyangkut dua isu kesehatan yang perlu segera diselesaikan terkait pembangunan SDM berkualitas, yaitu masalah stunting dan jaminan kesehatan nasional.
Sementara menyangkut jaminan kesehatan nasional juga menyangkut dua isu, yakni tingginya harga obat dan alat kesehatan serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.
Peringatan HKN ke-55 2019 ini juga diisi dengan penandatanganan komitmen bersama percepatan pencegahan balita stunting.[andra]
Lebih baru Lebih lama