Fokus Kelola Sampah, Bupati Sukamta Optimis Raih Adipura

Fokus Kelola Sampah, Bupati Sukamta Optimis Raih Adipura

PELAIHARI, MK – Sikap optimistis untuk kembali meraih piala Adipura ditunjukkan Bupati Tanah Laut, H Sukamta. Ini diwujudkan di antaranya dengan melakukan pengelolaan sampah dengan baik.
“Kita sampaikan kebijakan kita tentang pengelolaan sampah di Tanah Laut,” terang Sukamta saat menerima kedatangan Tim Penilai Adipura 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin (11/11/2019).
Bukan hanya itu, kepada Tim Penilai Adipura, Sukamta juga menyampaikan adanya Peraturan Bupati tentang pengurangan sampah plastik, di mana seluruh retail di Tanah Laut tidak lagi menggunakan kantong plastik.
Menurut Sukamta, penilaian Adipura ini juga tentang bagaimana Pemkab melakukan pengelolaan sampah. Dengan kata lain bukan sekedar kebersihan dan kerapian kota saja.
Selain itu, lanjut pria yang kerap disapa Kamta ini, Pemkab Tanah Laut sedang fokus mengembangkan bank sampah.
“Bank Sampah jadi fokus kita, karena selain bagus untuk pengelolaan sampah, juga bisa membuat sampah memiliki nilai ekonomis,” jelasnya.
Terkait Adipura, Sukamta mengimbau masyarakat Tanah Laut agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, serta melakukan pengeloaan sampah dengan memilah dan memanfaatkan kembali.
Tampak dalam penyambutan kedatangan tim penilai adipura ini Pjs Sekda M Darmin, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Akhmad Khairin, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Riyadi.[andra/adv]
Lebih baru Lebih lama