Incar Prestasi Bergengsi, 44 Karateka Lemkari Kalsel Bertarung di Kejurnas

Incar Prestasi Bergengsi, 44 Karateka Lemkari Kalsel Bertarung di Kejurnas

PASANG kuda-kuda zenkutsu dachi, sigap mengambil ancang-ancang, sejurus kemudian... "praaaak!" Papan patah dua setelah dihantam pukulan gyaku tsuki oleh Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.
Imam yang rupanya pernah berlatih karate memang sangat meyakinkan dalam aksinya yang dilakukan sesaat setelah membuka Kejuaraan Nasional Karate Lemkari Piala Menpora 2019 di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (6/9/2019).
Tepuk tangan bergemuruh saat Imam yang menebar senyum sembari memberi semangat kepada para atlet Lemkari se-Indonesia.
Sebelumnya Imam mendapat penganugerahan sabuk hitam kehormatan yang dipasangkan oleh Ketua Dewan Guru Lemkari Shuseiki Shihan Harried Taning.
Pada pembukaan juga diserahkan award atau piala penghargaan kepada Pengprov (pengurus provinsi) dengan kategori Pengprov Lemkari Berprestasi & Inovatif (Sumbar), Pengprov Lemkari Terkompak (DIY), Pengprov Lemkari Pencetak Atlet Berprestasi (Bali, Maluku, Jabar, Jatim, Maluku, Sumut).
Ketua Pengprov Lemkari Terbaik; Adri Manengkey (Sulut), Ketua MSH Terbaik Jefrey Pontoh (Sulut) dan Pengprov Lemkari Tangguh & Kuat yaitu Kalsel yang diterima Ketua Pengprov Lemkari Kalsel; M Arman SSos MIKom.
Kejurnas adalah even puncak pada rangkaian Kegiatan Nasional (Giatnas) Lemkari. Sebelumnya didahului Rakernas, Penataran Pelatih, Penataran Sistem Informasi Manajemen, Penataran Perwasitan.
Pada Kejurnas, kontingen Lemkari Kalsel yang diperkuat 44 atlet sangat semangat untuk bertarung di even bergengsi tersebut.
Para atlet Pengprov Lemkari Kalsel yang bertanding di nomor Kata dan Kumite tersebut berasal dari Lemkari Banjarmasin, Banjarbaru Tanah Laut, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan.
Mereka bersaing dengan para atlet dari Pengprov Lemkari sei-Indonesia untuk kemudian para juara menjadi atlet PB Lemkari pada Piala Panglima TNI di Jakarta pada 18 September mendatang.
Ketua Pengprov Lemkari Kalsel, M Arman SSos MIKom yang pada pembukaan dipercaya selaku komandan upacara, mengatakan, even besar ini menjadi tolok ukur kemampuan para atlet Lemkari Kalsel yang selama ini rajin bertanding di even lokal, regional dan nasional.
"Atlet yang kami kirim ini disaring berdasarkan sistem ranking yang poinnya diakumulasi atas prestasi di beberapa even. Jadi mereka sudah berpengalaman berkompetisi," jelas Arman yang juga anggota TNI AU Lanud Sjamsudin Noor, Banjarbaru.
Harapan Arman, atlet Lemkari Kalsel akan mampu meraih banyak medali dan mencatatkan nama Kalsel pada rekap perolehan medali kontingen.
Ketua MSH(Majelis Sabuk Hitam) Lemkari Kalsel, Bambang Sugiono, mengatakan, usai Kejurnas ini mereka sudah mengangendakan kejuaraan internal Lemkari Kalsel.
"Kami akan gelar Piala Sudirman 3 pada Oktober nanti. Ini salah satu wadah pencarian bibit atlet baru dan pematangan atlet. Insya Allah even ini diperluas berskala Kalimantan," tandasnya.[mia/rilis]
Lebih baru Lebih lama