Hadiri Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara, Sekda Kapuas Harap Partisipasi Masyarakat Meningkat

Hadiri Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara, Sekda Kapuas Harap Partisipasi Masyarakat Meningkat

SUASANA Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 di Kabupaten Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas, Drs Septedy MSi menghadiri kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, Rabu (31/1/2024).

Simulasi dilaksanakan di TPS 011 Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, tepatnya di Taman Daun yang berlokasi di persimpangan Jalan A Yani dan Jalan Tambun Bungai Kota Kuala Kapuas. 

Dalam kegiatan ini juga dihadiri unsur Forkopimda Kapuas, jajaran KPU dan Bawaslu Kapuas  serta diikuti para Daftar Pemiliih Tetap (DPT) yang berdomisili di sekitar Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sekda Kapuas, Septedy mengatakan, kehadiran Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam acara ini untuk memastikan bahwa melalui simulasi ini, dapat terlihat rangkaian kegiatan pemungutan dan penghitungan suara, sesuai apa yang akan terjadi nantinnya pada saat proses pemilu mendatang.

"Tentunya dengan simulasi ini juga dapat melihat dan mengantisipasi segala kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi atau tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan," kata Septedy.

“Dengan simulasi ini kita bisa meminimalisir terjadinya pelanggaran aturan maupun hal-hal yang tidak terduga, sehingga disaat tahapan pemilihan dan pemungutan suara mendatang dapat berjalan dengan lancar dan aman,” tambah Sekda Kapuas itu.

Dalam kesempatan ini Septedy mengimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam memberikan hak suaranya dengan cara datang ke TPS sesuai DPT nya masing-masing.

“Kita berharap pada Pemilu tahun ini partisipasi masyarakat semakin meningkat dan tahapan pemungutan sampai ke penghitungan suara nantinya dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai,” pungkas Septedy.

Sementara Ketua KPU Kapuas, M. Fery Irawan bahwa prosedur dalam simulasi ini dilaksanakan sesuai dengan apa yang nantinya akan terjadi pada pemungutan dan penghitungan suara mendatang sesuai aturan dan prosedur yang telah ditetapkan oleh KPU.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama